Minggu, 25 Januari 2009

RIA and Open Laszlo

1. RIA (Rich Internet Application)
RIA adalah kependekan dari Rich Internet application yaitu aplikasi web yang mempunyai fitur dan fungsionalitas sama seperti aplikasi dekstop tradisional. RIA merupakan persilangan dari aplikasi web saat ini dengan aplikasi dekstop, memindahkan beberapa proses ke sisi client dan tetap melakukan beberapa fungsi pada server.

RIA memperkenalkan sebuah lapisan logika yang disebut dengan Client Side Engine, yang berada di antara pengguna dan server web. Dengan adanya lapisan ini, memungkinkan pengembang membangun aplikasi web dengan karakteristik antara fat rich client/server dan thin-poor web based UI model. Adanya client-side engine tidak menghalangi aplikasi untuk mengimplementasikan model komunikasi sinkronus. Tetapi juga memungkinkan interaksi pengguna dengan aplikasi berjalan secara asinkronus-terlepas dari server.

pengembang bisa memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan ini untuk membuat aplikasi mereka lebih responsif.

Inti dari pengembangan RIA adalah memungkinkan aplikasi menjadi lebih responsif, memaksimalkan user experience, dan tetap menghasilkan target yang ingin dicapai.

2. Open Laszlo
open laszlo (selanjutnya disebut Laszlo) adalah platform RIA yang bebas dan open source. Tidak seperti platform atau framework RIA lainnya yang kebanyakan berbayar atau membutuhkan plugin khusus yang berbayar. Untuk mengunduh dan menggunakan server Laszlo, tidak dipungut biaya alias gratis.

Laszlo terdiri dari compiler dan servlet presentational pada sisi server, serta sekumpulan service dan class pada sisi client. Sisi client ini disebut LFC, Laszlo Foundation Classess.



program dalam Laszlo ditulis dalam bahasa khusus yaitu LZX, yg mana oleh server Laszlo akan dikompilasi untuk kemudian dikeluarkan ke browser dalam bentuk swf atau dhtml sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu menulis baris kode yang berbeda untuk bentuk keluaran yang berbeda. Cukup sekali saja sudah bisa dijalankan dimana saja. Server Laszlo adalah sebuah nama Java Servlet yang berjalan pada kontainer servlet Tomcat atau server aplikasi J2EE.

Baris program Laszlo ditulis dalam LZX. LZX adalah sebuah bahasa berbasis XML yang merupakan campuran dari bahasa markup deklaratif, berkebalikan dengan bahasa prosedural, mendefinisikan sesuatu, bukan prosedur menciptakan sesuatu. Bahasa markup yang paling dikenal adalah HTML. Bahasa markup sangat cocok untuk mendefinisikan antar muka pengguna, karena ringkas dan intuitif. Menggunakan tag-tag sebagai penanda. Untuk mendefinisikan sebuah elemen digunakan tag-tag XML dengan beberapa tag sudah tersedia untuk elemen-elemen dasar Laszlo . Sedangkan untuk prosedural atau algoritma pemrograman termasuk menentukan bagaimana elemen-elemen ini digunakan javascript yang sudah dikenal luas didukung oleh sebagian besar pengembang dan browser saat ini.

referensi : Jurnal Sisfo ITS vol. 1 No. 1 Sept 2008

Tidak ada komentar: