Kamis, 22 Januari 2009

ZK Framework

Pada tahun 2005 Potix Corporation mengeluarkan framework dan library yang dibangun dengan bahasa Java untuk mengembangkan aplikasi web, ZK framework yg mana mengimplementasikan XUL (XML for User Interface Language) untuk memudahkan pemgembang karena dengan XUL ini, semua interface seperti dari button, listbox, treebox, semua dapat langsung digunaka dengan mudah seperti menuliskan kode HTML.

Java digunakan untuk memberikan event-event atau semua fungsi yang harus dilakukan setiap komponen-komponen tsb, sehingga antara tampilan dan bisnis proses dapat dipisahkan dan karakteristik pemrograman Java yg berbentuk Object Oriented sangat memudahkan para pengembang, penggunaan HTML, dalam aplikasi web tidak dapat dilepaskan oleh karena itu ZK Framework mendukung penggunaan bahasa HTML untuk mengembangkan aplikasi web.

framework yg dikembangkan dengan bahasa Java ini kompatibel dengan semua server, browser, karena kode aplikasi yg dibuat akan diproses di server dan kemudian ditampilkan di browser. Aplikasi web yang dihasilkan akan lebih responsif karena data yang dikirim dari server ke client dalam jumlah yg kecildan tanpa dirasa oleh pengguna.

ZK Framework ini mempunyai sebuah arsitektur sistem di dalam sistem kerja framework ini mempunyai engine yang berfungsi untuk merender komponen maupun menjalankan event.

alur kerja ZK Framework :
1. ketika user mengetikkan alamat web atau mengklik link pada halaman web, sebuah request, dikirim kepada server
2. ZK Loader akan meng-load suatu halaman web yang diminta oleh user, lalu menginterpretasikannya untuk penciptaan komponen yang sesuai.
3. setelah menginterpretasikan semua halaman web, ZK Loader merender hasilnya kedalam HTML, dan hasil render berupa halaman HTML, ditampilkan di browser.
4. ZK Client Engine yang berada pada browser user, mendeteksi semua yang dilakukan oleh user seperti menggerakkan mouse, merubah isi textbox, apabila terjadi aksi tertentu maka ZK Client Engine mengirimkan request kepada ZK AU Engine untuk merespon aksi user tsb, misalnya merubah warna textbox apabila user salah input data.

referensi : Imlementasi ZK Framework untuk pembuatan aplikasi web dinamis, Tedy Setiady dan Rachmad Kurniawan, in proceeding of KNSI 2007

Tidak ada komentar: